5 Amalan Pelapang Rezeki, Salah Satunya Shadaqah

5 Amalan Pelapang Rezeki, Salah Satunya Shadaqah

Sebagai konsekuensi hidup, manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun adakalanya bahkan seringnya ikhtiar atau kerja kita  belum mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apalagi jika dihadapkan pada kebutuhan hidup yang dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, maka selain bersabar kita juga perlu melakukan amal-amal yang bisa menjadi sebab bertambahnya rezeki kita.

Tentunya rezeki yang dimaksud adalah rezeki yang halal, baik dari dari dzatnya maupun cara mendapatkannya yang didapat bukan dari hasil mendzhalim atau menipu orang lain. Berikut adalah kiat-kiat atau amalan-amalan yang dapat menjadi sebab bertambahnya rezeki seseorang.

Perbuatan Baik

Berbuat baik merupakan salah satu sebab bertambahnya rezeki seseorang. Berbuat baik disini ialah melakukan berbagai amal shaleh yang bermanfaat dan di ridhoi Allah seperti halnya menolong orang lain, membuang sampah pada tempatnya, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan serta hal-hal lain yang memiliki nilai manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Sedekah

Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa sedekah merupakan salah satu amalan yang bisa membuka dan melapangkan pintu-pintu rezeki seorang hamba. Selain itu bersedekah juga dapat melipatgandakan harta yang dimiliki oleh seorang hamba, sebab Allah akan mengganti berkali lipat harta seorang hamba yang dikeluarkan untuk berinfaq dan bersedekah di jalan Allah. Yuk lapangkan pintu rezekimu dengan menunaikan sedekah.

Silaturahmi

Amalan yang bisa menjadi penyebab bertambah rezeki selanjutnya ialah silaturahmi, dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa selain melapangkan rezeki, silaturahmi juga dapat memanjangkan umur seseorang. Hal tersebut terdapat dalam sabda nabi sebagai berikut.

“Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (HR. Muttafakun ‘alaih dari Anas bin Malik r.a).

Dalam memahami panjang dipanjangkan umur dalam hadits tersebut, ada dua pendapat ulama yang sebagai berikut, Pertama, maksud dari dipanjangkan umur dalam hadits tersebut ialah dipanjangkan dipanjangkan umur dalam bentuk ril. Kedua, maksud dari dipanjangkan umur disini ialah umurnya berkah, hal itu ditandai dengan banyak orang yang mengingat dan mendoakannya meskipun orang tersebut telah tiada.

Taubat

Taubat merupakan salah satu cara seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah, selama ini mungkin yang menjadi penyebab sempitnya rezeki adalah banyaknya dosa-dosa yang dilakukan, sehingga pintu-pintu rezeki menjadi tertutup dan rezekipun menjadi sempit, maka untuk membuka kembali pintu-pintu rezeki, seseorang harus bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah atas segala khilaf dan salah yang dilakukannya baik sengaja ataupun tidak.

Bertaubat juga merupakan sarana yang bisa mendekatkan seseorang kepada Allah swt. sehingga dengan kedekatan tersebut segala do;a dan harapnnya lebih mudah untuk dikabulkan, termasuk dalam hal ini rezekinya juga dilapangkan.

Bersyukur

Bersyukur adalah pintu kebahagiaan dan kesuksesan seorang muslim, sebab dengan bersyukur hati akan mendapatkan ketenangan dan kelapangan. Allah swt. berjanji akan menambahkan nikmat-Nya kepada seorang hamba yang senantiasa bersyukur atas segala pemberian dari-Nya.

Semoga kita semua  bisa mengamalkan kelima perkara diatas, sehingga pintu-pintu rezeki kita Allah bukakan dan lapangkan seluas-luasnya. Adapun substansi dari amalan-amalan diatas ialah mendapatkan ridha Allah swt, dengan demikian, dalam melakukan amalan-amalan diatas kita semua harus meniatkan amalan-amalan tersebut ikhlas karena Allah swt.

Semoga dengan mengamalkan amalan-amalan diatas menjadi amalan pelapang rezeki kita, dan semoga juga dengan mengamalkannya Allah swt. memberikan banyak kemudahan dalam setiap langlah aktivitas kita semua. Aamiin.

Yuk bukan pintu-pintu rezeki dan kebahagiaan dengan menunaikan sedekah, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin membuka kesempatan bagi sahabat semua untuk menunaikan sedekah terbaik semuanya. Semoga sahabat semua diberi kemudahan dan kesehatan oleh Allah swt, sehingga bisa menunaikan sedekah terbaiknya. Aamiin.

Yuk segera tunaikan sedekah terbaikmu. Untuk info selengkapnya hubungi contact person kami.

Leave a Reply