5 Janji Allah Bagi Orang Yang  Bersedekah

5 Janji Allah Bagi Orang Yang Bersedekah

Sedekah adalah amalan yang mulia dan multimanfaat. Sedekah dengan ikhlas akan mendatangkan banyak kebaikan dan limpahan pahala bagi yang mengerjakan. Sedekah juga merupakan perbuatan baik, dimana setiap perbuatan baik akan dibalas dengan perkara baik juga.

Meskipun sedikit, kita harus tetap bersedekah dan tentunya dengan ikhlas. Karena dalam harta yang kita miliki, ada hak orang lain juga yang harus dikeluarkan. Selanjutnya, sedekah dengan ikhlas mampu meringankan beban hidup seseorang dan bahkan bisa menjauhkan diri kita dari neraka.

Sebagai amal yang baik dan sederhana untuk dilakukan sedekah memiliki manfaat yang sangat besar. Adapun sedekah dikatakan sederhana karena sedekah tidak selamanya harus dilakukan atau dikeluarlan dalam bentuk harta benda saja, senyum dengan ikhlas kepada sesamapun sudah termasuk kedal;am, sedekah.

Pada hakikatnya sedekah harus dilakukan dengan ikhlas tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Lebih dari itu, sedekah juga mesti dilakukan semata untuk mengharap ridha Allah swt dan tidak mencari pujian dari sesama manusia.

Orang yang senantiasa menunaikan sedekah sangat dimuliakan oleh Allah swt dan akan mendapat balasan dari perbuatan terpujinya itu. Berikut, adalah lima janji Allah bagi yang menunaikan sedekah.

  1. Mendapat Lindungan di Hari Akhir

Sedekah merupakan amal yang bermanfaat bagi bagi yang melakukannya maupun bagi yang menerima dari harta yang disedekahkan. Salah satu hikmah sedekah yang paling utama adalah dapaat melindungi diri di hari akhir kelak. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Rasulullah saw. bersabda “Lindungi diri kalian dari neraka walaupun sedekah sebiji kurma”.

  1. Mendapat Keberkahan Harta

Sebagian orang ada yang merasa khawatir ketika bersedekah yakni khawatir harta yang dimilikinya berkurang. Padahal salah satu keutamaan dari bersedekah ialah ialah menjadikan harta yang dimiliki berkah dan bahkan bertambah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim no. 2588, rasulullah saw. bersabda “Harta tidak akan berkurang karena sedekah. Dan seorang hamba yang memiliki sifat pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.

  1. Menghapus Dosa

Sedekah merupakan amalan yang berlimpah pahala, selain itu sedekah juga dapat menghapuskan dosa yang mengerjakannya. Hal itu seperti yang disebutkan oleh nabi dalam haditsnya sebagai berikut. “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi yang disahihkan Al-Albani dalam Sahih At-Tirmidzi, 614).

  1. Dilindungi Dari Api Neraka

Sedekah dapat melindungi seorang hamba yang melakukannya dari siksaan api neraka dialam kubur. Dalam hal iniRasulullah saw. bersabda ” Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur” (HR. Thabrani di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873).

  1. Dipanjangkan Umurnya

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda ” Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat memanjangkan umurnya, dapat mencegah kematian yang tidak baik (su’ul khotimah). Allah SWT akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri”. (HR. Thabrani)

Sahabat, begitu banyak keutamaan-keutaman yang didapatkan ketika kita menunaikan sedekah. Dan dari lima hal diatas,  masih ada banyak lagi keutamaan-keutamaan yang didapatkan seorang hamba yang menunaikan sedekah.

Sahabat, membiasakan diri untuk menunaikan sedekah baik itu dengan harta maupun dengan hal lain merupakan amalan yang paling utama dan tentunya ringan serta sederhana untuk dikerjakan. Semoga kita semua bisa bersedekah dengan harta terbaik kita. Aamiin

Leave a Reply