Bahagiakan Anak Yatim, Ini Dia Keutamaannya

Bahagiakan Anak Yatim, Ini Dia Keutamaannya

Allah swt. memerintahkan kepada umat muslim untuk senantiasa memuliakan serta membahagiakan anak-anak yatim. Dimana anak yatim merupakan anak-anak yang tidak seberuntung anak-anak lainnya yang memiliki orang tua atau keluarga yang utuh. Mereka amat butuh kasih sayang dan perhatian dari kita semua agar bisa tumbuh seperti anak-anak lainnya yang memiliki orang tua lengkap.

Menyantuni anak yatim memiliki beberapa keutamaan. Pertama, mendapat kebaikan dari Allah swt. Memuliakan anak yatim dengan membahagiakan dan menyantuninya merupakan suatu amal yang baik dan di ridhoi oleh Allah swt. Allah swt. berfirman dalam QS. Al-Baqarah :220 “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah, ‘Memperbaiki keadaan mereka adalah baik’.” (QS al-Baqarah [2]: 220).

Kedua, Berdampingan dengan rasulullah di surga. Islam sangat memuliakan anak yatim, oleh karena barang siapa yang mampu memuliakannya dengan cara membahagiakan atau menyantuninya maka akan dimuliakan juga, salah satunya ialah akan berdampingan dengan rasulullah saw. di surga kelak. Rasulullah saw.  bersabda :

Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini, kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d).

Ketiga, Melembutkan hati yang keras. Bagi sahabat yang menginginkan hatinya lembut, tenang dan penuh kedamaian, menyantuni anak yatim adalah salah satu amalan yang bisa dilakukan. Rasulullah saw. bersabda :

Bila engkau ingin hati menjadi lembut dan damai serta keinginan (yang baik) tercapai, maka sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan yang seperti engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang, lembut, serta keinginanmu (yang baik) akan tercapai” (HR Thabrani).

Keempat, Menumbuhkan jiwa sosial. Menyantuni anak yatim sama halnya dengan membantu orang-orang yang sedang membutuhkan sehingga dengan melakukannya secara terus menerus akan menumbuhkan kepekaaan dan kepedulian dalam diri kita.

Cara Menyantuni Anak Yatim

Setelah mengetahui berbagai keutamaan yang akan diraih oleh seorang hamba yang “menyantuni anak yatim”, lantas bagaimana cara yang tepat untuk menyantuni anak-anak yatim? berikut adalah dua hal yang bisa dilakukan untuk menyantuni anak yatim.

Pertama, Menjadi orang tua asuh. Bagi sahabat yang memiliki keinginan untuk menyantuni anak bisa mendatangi rumah yatim atau panti asuhan. Bawakanlah mereka makanan kesukaan mereka, pakaian dan keperluan mereka. Dalam pola ini, sahabat telah menjadi penyantun dan senantiasi berusaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Kedua, Menjadikannya bagiand ari keluarga. Dalam pola ini sahabat bisa mengajak anak yatim untuk tinggal serumah bersama sahabat. Besarkanlah mereka di rumah dengan kasih sayang dan perhatian layaknya anak sendiri. Meski terasa berat, balasan surga terindah yakni berdampingan dengan Rasulullah adalah balasannya.

Santunan Anak Yatim Yayasan Rahmatan Lil-ALamin Jakarta Timur

Setiap malam jum’at Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur menggelar istighasah dan santunan anak yatim bersama 100 anak yatim yang digelar di sepuluh wilayah binaan yayasan. Do’a bersama ini selain untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak yatim juga sebagai bentuk edukasi kepada anak-anak yatim untun senantiasa mendo’akan orang tuanya.

Pada agenda do’a bersama juga, disetiap wilayah diadakan tilawah Qur’an berjam’ah, hal itu ditujukan agar anak-anak yatim binaan yayasan terbiasa untuk dekat dengan Al-Qur’an salah satunya dengan sering membacanya.

Bagi sahabat yang ingin berpartisipasi dalam agenda doa bersama ini bisa berdonasi berupa uang tunai, makanan, dan lainnya untuk menyukseskan agenda ini. Sahabat juga bias bergabung untuk berdo’a bersama melalui aplikasi video conference Zoom dan channel youtube yayasan. Selain itu, sahabat juga bisa menitipkan do’a-do’anya kepada kami melalui contact person kami.

Semoga kita semua diberikan kemudahan dan kesehatan sehingga bisa bersama-sama menyantuni anak-anak yatim. Semoga juga dengan menyantuni anak-anak yatim menjadikan kita lebih baik dan lebih dekat dengan Allah swt. serta menumbuhkan semangat untuk berbagi dengan sesama.

Leave a Reply