Balasan Allah Bagi Orang yang Menunaikan Sedekah

Balasan Allah Bagi Orang yang Menunaikan Sedekah

Sahabat, Allah tidak mungkin memberi suatu perintah tanpa ada hikmah yang terkandung didalamnya. Perintah berinfaq dan sedekah merupakan perintah yang banyak tertulis dalam Al-Quran. Tentunya dalam perintah tersebut terkandung banyak kebaikan didalamnya.

Infaq dan Sedekah adalah amalan yang menganjurkan kita untuk mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki. Akan tetapi, percayalah tidak ada ceritanya orang yang melakukan semuanya secara terus menerus akhirnya jatuh miskin.

Bahkan sebaliknya, mereka yang mau mengeluarkan hartanya untuk bersedekah dan berinfaq terus menerus bertambah kaya.dalam hal ini kita bisa melihat kisah Abdurrahman bin Auf yang menginfaqan hartanya ‘segunung’, di jalan Allah, ternyata hartanya terus bertambah dan ia makin kaya.

Sahabat, dalam menunaikan infaq dan sedekah, kita tidak harus menunggu kaya terlebih dahulu karena berbagi sejatinya merupakan kebiasaan. Percayalah ketika kita berinfaq dan bersedekah sekecil apapun itum, maka Allah akan membalasnya dengan berlipat ganda.

Adapun syarat utama dari berinfaq dan bersedekah ialah keikhlasan hati kita. Allah swt, menjanjikan balasan atau ganti yang layak dari semua infaq dan sedekah yang kita keluarkan dengan ikhlas, seperti dalam firman-Nya

, “… Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya,” (QS Saba’ : 39).

Dikisahkan dalam kitab Muwaththa’ karya Imam Malik tentang keikhlasan Ummul Mukminin Aisyah ra. dalam.bersedekah. Dikisahkan ada orang miskin yang datang ke rumah Aisyah ra. meminta sesuatu darinya, dimana pada hari itu Aisyah ra. sedang berpuasa dan tidak memiliki apapun dirumahnya kecuali sepotong roti.

Aisyah lantas memerintahkan pembantunya untuk memberikan sepotong roti itu kepada si miskin yang datang ke rumahnya.  Kemudian pembantunya berkata, “Kalau kita berikan kepadanya, lalu nanti apa yang kita makan untuk berbuka?”

Aisyah menjawab, ”Nanti sore kita akan menerima hadiah yang belum pernah kita terima sebelumnya.” Ternyata, sore itu benar-benar ada yang memberi hadiah kepada Aisyah berupa roti. Malah roti ini berisi daging kambing. Aisyah memanggil pembantunya seraya berkata, ”Makanlah. Roti ini lebih baik daripada yang kau berikan kepada orang yang meminta tadi.”

Sahabat, melalui kisah diatas kita mengisyaratkan kepada kita bahwasannya Allah akan membalas sedekah dan infaq yang kita keluarkan dengan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita keluarkan. Selanjutnya sedekah juga dapat melindungi diri kita dari bala bencana yang bisa kapan saja menimpa diri kita. Rasulullah saw. Bersabda :

“Segeralah kamu bersedekah, karena bala bencana itu tidak dapat mendahului sedekah,” (HR. Al Baihaqi).

Sahabat, selain fadhilah diatas, ketenangan dan ketentraman hati juga bisa kita rasakan ketika kita menunaikan sedekah. Hal itu dikarenakan sedekah dapat meningkatkan rasa syukur kita atas keberuntungan nasib kita, dan dengan rasa syukur tersebut menjadikan hati lebih ringan, bahagia dan hiduppun menjadi lebih tenang.

Sedekah sebagai wujud kepedulian dan semangat berbagi juga pada intinya memggambarkan kadar keimanan yang ada dalam diri seseorang. Rasulullah saw. Bersabda : ”Tidaklah beriman, siapa saja yang tidur kekenyangan, sedangkan tetangganya kelaparan, sementara dia mengetahuinya.” (HR al Bazzar)

Dalam hal ini, bersedekah bisa dilakukan dengan cara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi, tidak ada yang salah dalam keduanya, akan tetapi yang harus menjadi dasar atas keduanya ialah keikhlasa dalam melakukannya.

Sahabat, ketahuilah, bahwasannya orang-orang yang enggan berinfaq dan bersedekah memggambarkan jiwa yang sakit dan iman yang lemah. Untuk itu, agar hati dan iman kita tetap terjaga, kesehatan fisik dan mental tetap terjaga, menunaikan infaq dan sedekah adalah amalan rutin yang harus dikerjakan.

Semoga Allah swt. senantiasa membukakan pintu hidayah dan petunjuk-Nya kepada kita agar senantiasa menunaikan infaq dan sedekah, dan semoga juga apa yang kita keluarkan menjadi washilah datangnya kesehatan baik hati maupun fisik serta dapat juga mendekatkan kita kepada Allah swt.

Yuk tunaikan, Infaq dan Sedekah terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, sahabat bisa menunaikannya melalui rekening donasi kami berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Klik disini untuk konfirmasi.

 

 

 

 

 

Leave a Reply