Do’a Anak yatim, Do’a Yang Mustajab

Do’a Anak yatim, Do’a Yang Mustajab

Islam sangat memuliakan anak yatim sehingga Allah menyebut kata Yatim didalam Al-Qur’an sebanyak 23 kali. Dengan demikian sudah sepantasnya kita memperlakukan anak-anak yatim dengan perlakuan yang terbaik, sebab hal tersebut akan menjadi salah satu ukuran keimanan bagi seorang muslim.

Jika dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang memiliki kedua orang tua lengkap, anak yatim tergolong anak yang kurang beruntung karena harus kehilangan orang tuanya di usia yang relatif kecil atau ketika masih sangat membutuhkan banyak perhatian orang tua dalam hal ini adalah perhatian seorang ayah.

Dalam sejarah dunia, banyak tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia ini dimana ia dilahirkan dan dibesarkan dalam keadaan yatim atau ditinggalkan sang ayah meninggal dunia, hal itu menunjukan bahwa seorang yatim memiliki potensi dan kesempatan yang sama dengan anak-anak yang lainnya untuk. Selain itu ada keistimewaan lain yang dimiliki anak yatim yakni do’anya yang mustajab.

Do’a anak yatim merupakan do’a yang mustajab dan memiliki kemungkinan besar akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadits , Rasulullah saw. bersabda :

“Ada seseorang yang datang kepada Rosulullah Saw dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya,”Suka kah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi”

Hadits tersebut menunjukan bahwa dengan berbaut baik dan merawat anak yatim yang membutuhkan akan mendatangkan banyak manfaat bagi kita. Dengan berbuat baik pada anak-anak yatim, niscaya kebaikan tersebut akan kembali kepada kita dalam bentuk dan dari arah yang tidak pernah diduga oleh kita.

Manfaat Berbuat Baik Kepada Anak Yatim

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa “anak yatim” ialah seorang anak yang kehilangan sang ayah di usia yang masih sangat memerlukan perhatian sang ayah, sebab itu ia harus dirawat, dikasihi dan anak yatim merupakan seorang yang diistimewakan dalam islam sehingga berbuat baik kepadanya akan mendatangkan berbagai manfaat pada kita.

Adapun diantara manfaat dari berbuat baik kepada anak yatim ialah jika anak yatim tersebut mendo’akan kita, maka do’a tersebut lebih mudah dikabulkan oleh Allah swt. Karena dalam setiap do’a yang dipanjatkan oleh anak yatim adalah do’a yang mustajab dan didengarkan oleh Allah swt.

Selain itu, berbuat baik kepada anak yatim juga dapat mendatangkan pahala yang sangat istimewa seperti akan berada didekar Rasulullah saw. di surga kelak dan kedekatannya seperti jari telunjuk dan jari tengah. Tanpa anak yatim tersebut mendo’akan, merawat mereka dengan baik adalah perbuatan terpuji yang tentunya disukai dan diridhoi oleh Allah Swt.

Dengan menyayangi dan berlaku baik kepada anak yatim, Allah akan memberikan ganjaran yang akan bermanfaat bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Selain itu, kita juga akan mendapatkan keberkahan hidup yang sangat luar biasa.

Adapun sebaliknya, ketika kita tidak berbauat baik pada anak yatim, maka Allah akan memberikan ganjaran yang setimpal juga, bahkan dalam sebuah ayat ada yang menyatakan bagi mereka yang merhardik anak yatim maka ia tergolong kedalam orang yang mendustakan agama.

Dari sini sudah cukup jelas, bahwasannya mencintai, menyayangi dan menyantuni anak yatim merupakan amalan yang utama bagi seorang muslim. Dalam islam sendiri, posisi anak yatim memiliki tempat yang istimewa, untuk itu hendaklah kita berbuat baik, merawat dan menyantuni anak yatim sesuai dengan kemampuan kita.

Leave a Reply