Empat Hal Yang Mendatangkan Rezeki

Empat Hal Yang Mendatangkan Rezeki

Rezeki setiap orang telah ditentukan oleh Allah swt, dan tentunya setiap orang memiliki takaran atau ketentuan yang berbeda-beda. Namun,kita dianjurkan untuk senantiasa berikhtiar dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah serta selalu berprasangka baik atas segala ketetapan yang diberikan-Nya.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalau dituntut untuk terus berikhtiar demi menggapai sesuatu. Dimana ikhtiar tersebut berupa tindakan dan do’a. Tindakan disini merupakan aksi nyata yang perlu dilakukan untuk mendapatkan atau mendatangkan sesuatu, sedangkan do’a berarti sebuah permohonan kepada Allah agar apa yang dikehendaki dapat terkabul.

Meskipun semua orang telah ditentukan kadar rezekinya, namun ada beberapa hal yang bisa menjamin atau mendatangkan rezeki terhadap seseorang. Konteks mendatangkan disini bukan berarti memudahkan, akan tetapi menjadi salah satu sebab datangnya rezeki kepada seseorang. Menurut Ibnu Qoyyim rahimahullah ada empat hal yang bisa mendatangkan rezeki kepada seseorang sebagai berikut.

  1. Shalat Malam atau Qiamul Lail

Shalat Qiamul Lail atau yang sering dikenal dengan shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh rasulullah saw., adapun untuk waktu pelaksanaannya shalat tahajud dilaksanakan pada 2/3 malam. Dalam QS. Al-Isra ayat 79 menyebutkan orang yang melaksanakan sahalat tahajud akan diangkat ketempat yang terpuji.

Waktu shalat tahajud merupakan waktu terbaik untuk memanjatkan do’a, sebab pada waktu ini taka da do’a yanmg dipanjatkan oleh seorang hamba kecuali ia akan dikabulkan oleh Allah swt. Menurut Imam syafi’I salat tahajud bagaikan anak panah yang tepat sasaran mengenai apa yang diincarnya.

  1. Banyak Beristighfar di Waktu Sahur

Salah satu hal yang dapat menghambat rezeki seseorang adalah dosa, sehingga dengan dosa tersebut hidup akan terasa sulit dan penuh kekhawatiran. Dengan kemurahan dan sifat kasih sayang-Nya Allah swt. memberikan kesempatan kepada manusia untuk memohon ampun atas segala dosa-dosanya yakni dengan cara beristighfar dan taubat.

Waktu sahur merupakan salah satu waktu terbaik untuk bersitighfar dan memohon ampunan kepada Allah swt. tak kata lain untuk memohon ampun pada waktu ini kecuali dikabulkan oleh Allah swt. Rasulullah saw. bersabda :

Pada setiap malam, Allah SWT turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir.  Allah berfirman, “Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan aku ampu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Membiasakan Diri Bersedekah

Bagi sahabat yang mungkin sedang merasa kesulitan atau seret rezekinya, bisa mencoba untuk membaca Firman Allah swt. pada QS. Ath-Thalaq ayat 7 yang artinya : ” ..Dan barangsiapa yang sedang disempitkan rezekinya, maka hendaknya ia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya”

Secara logika mungkin kita tidak bisa memahami, bagaimana mungkin saat kondisi ekonomi atau keuangan diri susah diharuskan bersedekah untuk memancing rezeki datang kembali dalam jumlah yang relatif banyak.

Bukankah sedekah adalah mengeluarkan uang, sedangkan ketika menengok pada keadaan, keuangan kita sedang seret atau susah? Disinilah sebagai seorang mukimin kita harus meyakini janji Allah, janji yang tidak pernah ingkar. Bahwa jika kita bersedekah, sekecil apapun akan dibalas oleh-Nya.

  1. Berdzikir Pagi dan Petang

Dzikir merupakan salah satu amalan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah swt. Dzikir juga bisa dilakukan pada pagi hari maupun petang hari. Banyak keutamaan dari berdzikir salah satunya ialah menjadi pembuka pintu-pintu rezeki seorang hamba.

Adapun salah satu dzikir yang mungkin sangat mudah diamalkan ialah membaca QS. Al-Ikhlas 3 kali di waktu sepertiga malam menjelang shalat subuh, dimana pahalanya seperti membaca Al-Qur’an 30 Juz.

Sahabat, diatas merupakan amalan yang bisa mendatangkan rezeki bagi seorang hamba, semoga kita semua bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan semoga kita juga diberikan rezeki yang melimpah dan diringankan untuk bersedekah.

Leave a Reply