Rutin Berdonasi Walau Gaji 3 Juta per Bulan, Ini Tipsnya
Sisihkan gaji bulananmu untuk berdonasi

Rutin Berdonasi Walau Gaji 3 Juta per Bulan, Ini Tipsnya

Tips Berdonasi – Mungkin diantara kita pernah atau bahkan sering mengalami gejolak batin disaat memiliki keinginan untuk mendonasikan sebagian gaji kita untuk mereka yang membutuhkan. Terlebih ketika melihat gaji bulanan kita yang tidak lebih dari Rp. 3 juta per bulan, rasanya mungkin berat sekali untuk menyisihkan uang untuk didonasikan.

Sahabat, perlu diketahui bahwa sebenarnya ketika kita bersedekah atau berdonasi tidak ada nominal yang ditentukan, sehingga tidak ada kaitan dengan besar kecilnya gaji yang kita peroleh. Adapun kemampuan untuk berdonasi justru tergantung gaya hidup yang kita jalankan.

Ketika hidup kita sesuai dengan kebutuhan dan bukan berdasarkan keinginan, setidaknya ada sebagian dari gaji kita yang bisa disisihkan untuk berdonasi. Tentu saja harta yang kita donasikan tersebut dapat memberikan dampak positif jangka panjang. Bahkan pahala donasi atau sedekah yang diberikan ini akan terus mengalir sekalipun kita telah meninggal dunia.

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk membantu orang lain, minimal dengan berdonasi sekali dalam sebulan. Dengan gaji yang tak lebih dari Rp. 3 juta berikut adalah tips bagi sahabat yang ingin rutin berdonasi setiap bulan.

Membuat list kebutuhan bulanan

Hal pertama yang bisa sahabat lakukan agar dapat berdonasi setiap bulan adalah dengan menuliskan daftar kebutuhan bulanan yang diperlukan, mulai dari kebutuhan pokok hingga tagihan-tagihan yang harus dibayarkan.

Dengan demikian sahabat bisa memprediksi besaran dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Cara ini juga dapat menghindarkan sahabat dari kehidupan yang berdasarkan keinginan serta pembelian hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

Menyisihkan dana tak terduga

Dana tak terduga atau dana darurat yang kita sisihkan bisa dialokasikan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan atau musibah lainnya. Setidaknya setiap bulan sahabat harus bisa menyisihkan dana tak terduga ini untuk kebutuhan hidup yang tidak dapat diprediksi.

Jumlah dana tak terduga yang bisa sahabat sisihkan apabila dalam satu bulan menghabiskan Rp. 1,5 Juta untuk kebutuhan sehari-hari, maka sisihkanlah Rp. 500.000 untuk dana tak terduga. Dengan menyisihkan dana tak terduga ini, sahabat tidak perlu lagi panik ketika sewaktu-waktu membutuhkan dana untuk berobat ke dokter.

Menabung di awal bulan

Usahakan setiap bulan kita menyisihkan penghasilan kita untuk ditabungkan. Dalam hal ini sahabat bisa menabung diawal bulan sebelum gaji yang kita miliki terpakai untuk kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Untuk jumlahnya, sahabat bisa mengalokasikan 10 % dana untuk menabung dari tital gaji sahabat. Jika dihitung secara matematis, maka sahabat akan m­­­­enabung sebesar Rp. 300.000 (10% x Rp. 3.000.000) dalam sebulan. Tabungan ini nantinya bisa dimanfaatkan sebagai dana darurat ketika sahabat berada dalam situasi yang sulit.

Berinvestasi untuk dunia dan akhirat

Setelah mengeluarkan dana untuk tiga keperluan diatas, selanjutnya sahabat bisa berinvestasi untuk dunia akhirat sahabat. Donasi atau sedekah ialah investasi terbaik yang bisa sahabat keluarkan untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Ketika kita berdonasi atau bersedekah maka secara otomatis kita sedang membantu atau menolong orang lain yang membutuhkan. Dengan menolong orang lain di dunia, suatu saat jika kita membutuhkan pertolongan maka dengan mudah kita akan mendapat pertolongan tersebut.

Selain itu bersedekah dan berdonasi juga memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa sahabat dapatkan baik di dunia maupun diakhirat kelak. Salah satu keutamaan dari sedekah ialah dapat menjadi pembuka rezeki bagi siapa saja yang menunaikannya.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur membuka kesempatan bagi sahabat semua dengan program donasi yayasan. Program tersebut terdiri dari sedekah qurban, wakaf, lawan Corona, shadaqah, zakat, kemanusiaan dan tanggap bencana.

Yuk sisihkan gaji sebagian gaji bulananmu untuk berdonasi di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Bagi sahabat yang ingin berdonasi silahkan klik link ini atau datang langsung ke sekretariat kami.

Semoga dengan berdonasi harta kita semakin berkah dan terus bertambah sehingga donasi yang kita berikan semakin besar jumlahnya serta kebermanfaatannya.

Dadan Rhamdani

085966180991

Leave a Reply