Sedekah Jum’at, Jadikan Jum’atmu Lebih Berkah

Sedekah Jum’at, Jadikan Jum’atmu Lebih Berkah

Hari Jum’at merupakan hari terbaik diantara hari-hari lainnya dalam satu pekan. Pada hari ini Allah memberikan ampunan, penga bulan do’a dan pahala yang besar bagi hamba-hamba-Nya yang beriman. Dihari Jum’at ini hendaknya seorang muslim meningkatkan amal shalih dan ketaatan. Khususnya, ibadah-ibadah yang diagungkan pada hari ini yakni shalat Jum’at, memperbanyak shalawat, membaca Surat Al-Kahfi, dan amalan-amalan lainnya.

Salah satu amal shalih yang mendapat perhatian para ulama dan sering diamalkan oleh orang-orang shaleh pada hari Jum’at adalah sedekah atau sering disebut dengan Sedekah Jum’at. Sedekah Jum’at ialah mengeluarkan sebagian harta kita untuk diinfakan atau disedekahkan di hari yang dilimpahkan karunia dan kebaikan kepada para hamba-Nya.

Sahabat, Sedekah Jum’at merupakan sedekah yang dilipatgandakan pahalanya berkali lipat, Ibnu Qoyyim Rahimahullah dalam kitabnya Zaadul Ma’aad berkata : “Bahwasanya sedekah di hari Jum’at dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya”.

Bersedekah pada hari Jum’at tidak harus menggunakan uang, akan tetapi bisa dengan hal-hal lain misal dengan sedekah nasi bungkus atau hal-hal lain yang bermanfaat untuk orang lain. Suatu hari Rasulullah pernah ditanya tentang sedekah apa yang jika seseorang tidak memiliki harta. Nabi Muhammad bersabda,” Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari).

Salah satu pelajaran penting yang dapat kita ambil dari sabda Nabi diatas ialah kita bisa melakukan sedekah dalam bentuk apapun, termasuk memberi pertolongan, jasa atau kebaikan-kebaikan lain.

Bersedekah dihari Jumat sudah menjadi kebiasaan di negeri ini, baik itu instansi pemerintahan, sekolah dan berbagai tradisi-tradisi lainnya. Tentunya bersedekah dihari ini memiliki banyak sekali keutamaan didalamnya.

Sedekah dapat mengindarkan bala

Sahabat, apa yang kita keluarkan untuk bersedekah pasti Allah akan menggantinya, karena Dzat-Nya lah sebaik-baik pemberi rezeki. Allah swt. berfirman : “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39).

Jangan khawatir untuk mengeluarkan sedekah, sebab sedekah tidak akan membuat kita jatuh miskin, bahkan sebaliknya sedekah adalah pangkal kaya, sebab salah satu pahala sedekah ialah membuka pintu-pintu rezeki.

Selanjutnya, sedekah juga dapat menghindarkan kita dari bencana dan musibah, atau dengan kata lain sedekah dapat menolak bencana. Rasulullah saw. bersabda :

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Sebagai amalan yang memiliki orientasi akhirat, sedekah juga dapat menghindarkan kita dari bencana di akhirat yakni dijauhkan dari siksa api neraka. Rasulullah saw. menganjurkan kepada kita semua selaku umatnya untuk membentengi diri kita dari beratnya sikasaan api neraka dengan menunaikan sedekah.

“Bentengilah diri kalian dari siksa api neraka meskipun dengan separuh buah kurma.” (Muttafaqun ‘alaih)

sahabat, pahala sedekah tidak hanya dinikmati di akhirat saja, bahkan di dunia ini pun orang yang bersedekah bisa memetik keutamaannya. Salah satu dari banyaknya keajaiban sedekah yang bisa  kita rasakan di dunia ini adalah menjaga pelakunya dari keburukan dan musibah.

Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan kepada kita untuk menunaikan sedekah Serta meluaskan maaf dan rezeki bagi kita semua. Jangan takut untuk bersedekah dan mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah yang kita keluarkan akan memberikan banyak kebermanfaatan dan mewujudkan harapan mereka yang membutuhkan.

Dihari jum’at yang penuh berkah ini marilah kita tunaikan sedekah terbaik kita untuk membantu mereka yang membutuhkan. Sahabat bisa mendonasikan sedekah terbaiknya melalui nomor rekening berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

Klik disini untuk konfirmasi.

Dadan Rhamdani

085966180991

Leave a Reply