Sedekah Memudahkan Urusan dan Menenangkan Hati

Sedekah Memudahkan Urusan dan Menenangkan Hati

Sahabat, tidak ada satupun insan di muka bumi ini yang tak luput diberikan ujian oleh Allah. Baik itu dengan harta, orang yang dicinta, bahkan dengan dirinya sendiri serta hal-hal lainnya. Tentunya Allah swt, tidak akan pernah menguji hamba-Nya diluar kemampuan yang dimiliki hamba-Nya.

Ujian juga dapat menjadi sebuah tantangan yang dapat menguatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah, serta menambah dan menumbuhkan kesabaran dalam diri. Ujian tersebut terkadang datang dalam bentuk kesulitan dan terkadang dalam bentuk kemudahan.

Terkadang ujian  menjadikan hidup kita terasa sulit dan sempit. Hatipun kian merasa sempit dan sakit. Adapun dalam menjawab ujian tersebut, kita semestinya mengembalikan dan mendekatkan diri sepenuhnya kepada Allah. Dan salah satu bentuk pendekatan yang bisa kita lakukan adalah dengan bersedekah.

Sahabat, sedekah merupakan amalan sejuta manfaat, dengan bersedekah pintu-pintu rezeki akan dibukakan, sesuatu yang sulit akan dimudahkan, hati yang sakit dan sempit akan dilapangkan dan diberikan ketenangan.

Sahabat, sedekah merupakan amalan orang-orang shaleh dan sedekah juga menjadi salah satu penyebab dari  banyaknya orang yang telah meninggal ingin dikembalikan lagi ke dunia walaupun hanya sesaat karena mereka berharap agar bisa menunaikan sedekah. Allah swt. berfirman :

Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (dengan penyesalan), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih.” (QS. Al-Munafiqun : 10)

Meraih Berkah dengan Sedekah

Sahabat, sedekah itu indah dan penuh  berkah. Sedekah mampu menciptakan senyuman kaum yang tidak seberuntung kita. Menjadikan harta yang kita miliki lebih berkah. Sedekah juga mampu menyelamatkan kita dari berbagai bahaya, penyakit dan keburukan lainnya yang akan menimpa kita.

Keberkahan sedekah tidak melulu berbentuk harta atau uang yang melimpah, bisa jadi kesehatan yang sedang kita rasakan saat ini adalah buah keberkahan dari sedekah yang kita lakukan. Walaupun secara kasat mata nikmat kesehatan tersebut bukan nikmat berupa uang atau harta, akan tetapi kesehatan merupakan aset yang paling berharga dalam hidup kita.

Sahabat, ketika kita sering sakit, bisa jadi kita saat itu kurang dalam bersedekah sehingga Allah memaksa kita untuk mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki. Ketahuilah, ketika kita kurang atau enggan mengeluarkan harta kita untuk sedekah, Allah akan memaksa untuk mengeluarkan harta kita entah itu dengan jalan sakit, kehilangan ataupun hal lainnya yang mengharuskan kita mengeluarkan uang.

Memilih mengeluarkan harta tanpa keterpaksaan atau mengeluarkan harta dengan cara dipaksa adalah pilihan hidup. Tentunya mengeluarkan harta tanpa ada keterpaksaan akan menjadikan hidup kita lebih bahagia dan raut wajah menjadi lebih indah.

Sedekah itu mudah, indah dan mengundang banyak  berkah, namun tidak sedikit yang menyerah untuk bersedekah. Agar kita tidak menyerah dalam bersedekah, kita harus mengenal dan mengetahui dulu kuncinya. Adapun kunci dari sedekah ialah  ikhlas, yakin dan kerjakan. Ketika kita ikhlas dalam bersedekah maka hati kita akan ikhlas apapun balasan dari sedekah kita. Ketika kita yakin, maka kita yakin apapun balasan dari sedekah kita, pasti itu yang terbaik. Dan ketika kita mengerjakan sedekah maka kita akan menyadari  bahwa sedekah memiliki kekuatan luar biasa.

Sahabat, ketika kita bersedekah dan belum merasakan keutamaannya bisa jadi saat itu Allah sedang menguji keikhlasan kita dalam bersedekah. Maka teruslah  bersedekah sampai hati kita yakin dan ikhlas sehingga Allah akan mengganti apa yang kita keluarkan dengan yang lebih indah. Sedekah juga menentukan kualitas hidup kita, jagalah kualitas sedekah kita maka Allah akan menjaga kualitas hidup kita. Semoga kita semua digolongkan kedalam golongan orang-orang yang rajin bersedekah. Aamiin

Tunaikan sedekahmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Klik disini untuk menunaikan sedekah terbaikmu. Sahabat, juga bisa mendonasikan sedekah terbaiknya secara langsung ke sekretariat kami.

 

Dadan Rhamdani

085966180991

Leave a Reply