Wajib Diketahui, Ini Hikmah dan Manfaat Wakaf

Wajib Diketahui, Ini Hikmah dan Manfaat Wakaf

Para ahli fiqih memberikan defini terhdap wakaf sebagai praktik sedekah harta secara permanen dengan cara membekukan pemanfaatannya {tasaruf} untuk hal-hal yang diperbolehkan dalam syari’at islam. Misalnya mewakafkan tanah untuk sebuah yayasan tertentu, dimana status wakaf ini menjadikan tanah tersebut tidak diperbolehkan untuk dijual atau dihibahkan, pengelolanya hanya diperkenankan mengatur pemanfaatan tanah tersebut untuk kemashlahatan yayasan.

Terkait dengan hukum wakaf, ulama bersepakat bahwa wakaf merupakan ibadah yang dianjurkan syariat. Selain itu wakaf juga termasuk salah satu bentuk dari menginfakan harta yang dicintainya sebagai wujud keimanan seorang hamba kepada Allah swt. seperti yang terdapat dalam Firman Allah QS. Ali Imron ayat 92 yang berbunyi :

” Kamu sekali-kali tidak sampai pada kebajikan (yang sempurna), Sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saha yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya”

Pada pelaksanaannya wakaf juga disebut dengan sedekah jariah, dimana pahalanya akan terus mengalir seiring dengan pemanfaatan harta yang diwakafkan. Rasulullah saw. bersabda dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah ra.

“Sesungguhnya rasulullah saw. bersabda, Apabila seorang mukmin meninggal dunia, terputuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendo’akan anak bapaknya”.

Dari hadits diatas, sangat jelas sekali bahwa wakaf bukan hanya sedekah biasa, melainkan sedekah yang sangat luar biasa serta memiliki manfaat dan ganjaran yang besar bagi ia yang menunaikannya. Ganjaran wakaf sendiri akan terus mengalir selama barang wakaf itu masih berguna dan dapat diambil manfaatnya.

Dalam masyarakat, wakaf dapat menjadi jalan untuk menciptakan kemajuan ummat yang seluas-luasnya. Melihat sejarah yang ada, bahwa ummat islam terdahulu dapat berkembang dan maju dikarenakan wakaf dari sebagian kaum muslimin. Berkembangnya islam hingga seperti yang ada saat diantaranya merupakan hasil wakaf sebagian muslimin terdahulu.

Bangunan-bangunan mesjid, mushala, madarasah, pondok pesantren, panti asuhan dan sebagainya hampir semuanya berdiri atas wakaf dari sebagian kaum muslimin. Disamping itu, banyak juga lembaga-lembaga pendidikan islam, majelis taklim dan pondok-pondok pesantren yang biaya operasionalnya dibiayai dari wakaf produktif.

Hikmah Menunaikan Wakaf

  1. Melaksanakan perintah Allah untuk selalu berbuat baik

Wakaf merupakan salah satu wujud perbuatan baik seorang muslim, dimana perbuatan baik akan mengantarkan umat muslim menuju kemenangan. Allah swt berfirman dalam QS. Al-Hajj ayat 77 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sembahlah Tuhanmu dan berbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan”.

  1. Memanfaatkan harta untuk membantu orang lain

Wakaf merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan harta kita agar dapat membantu orang lain, salah satu contohnya adalah wakaf produktif, dimana hasil keuntungan dari wakaf yang dikelola tersebut dapat digunakan untuk membantu orang lain.

  1. Mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi

Dengan mengeluarkan harta untuk diwakafkan dan dikelola berarti kita telah berhasil mengedepankan kepentingan orang lain/umum dibanding dengan kepentingan pribadi.

Manfaat Wakaf Bagi Masyarakat Umum

  1. Mampu menghilangkan kebodohan dan mencerdaskan umat, misal wakaf dalam bidang pendidikan berupa pendirian sekolah atau pondok pesantren gratis.
  2. menghilangkan atau mengurangi tingkat kemiskinan di tengah-tengah masyarakat.
  3. menghilangkan kesenjangan sosial sehingga laju perekonomian tidak terpusat hanya dalam satu kelompok yakni masyarakat ekonomi kelas atas.
  4. Mampu menstimulus kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan umat.

Tunaikan wakaf terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Klik disini untuk berwakaf

Leave a Reply