Wajib Diketahui, Rezeki Datang Melalui Tiga Cara Berikut

Wajib Diketahui, Rezeki Datang Melalui Tiga Cara Berikut

Amalan Pembuka Rezeki – Sahabat, Rezeki tidak hanya berupa uang dan materi saja. Tapi juga dalam bentuk lain yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi yang mendapatkannya. Setiap makhluk yang hidup diatas muka bumi ini telah Allah jamin rezekinya.

Rezeki juga merupakan salah satu rahasia Allah swt. Namun dalam ajaran nabi Muhammad saw, Islam telah memberikan solusi terbaik untuk memperlancar turunnya rezeki yang penuh berkah dan melimpah. Nikmat sehat dan keadaan yang nyaman merupakan salah satu rezeki dari Allah yang patut kita syukuri.

Banyak Sekali amalan pembuka rezeki  yang dapat memperlancarkan turunnya rezeki bahkan melipatgandakannya. Salah satunya adalah dengan bersyukur, bagi orang yang senantiasa bersyukur Allah berjanji akan melipatgandakan rezeki dan kenikmatan yang didapatkannya. Selain itu, rezeki juga datang melalui tiga cara berikut.

  1. Karena Bekerja/ Ikhtiar

Salah satu amalan pembuka rezeki yang paling utama adalah bekerja/ikhtiar. Bekerja/ikhtiar  untuk mencari nafkah yang halal merupakan ibadah. Rasulullah saw. menegaskan bekerja untuk mencari nafkah merupakan kewajiban (fardhu).

“Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti salat, puasa, dan lain-lain)” (HR ath-Thabrani dan al-Baihaqi).

Bekerja mencari nafkah dan rezeki halal juga dinilai sebagai salah satu bentuk jihad, Bahkan lelahnya bekerja dapat menjadi salah satu penggugur dosa.

Bekerja juga merupakan bentuk ikhtiar seorang muslim untuk mendapatkan rezeki yang halal. Sehingga dengan rezekinya tersebut ia mampu mencukupi kebutuhan dirinya sendiri maupun menafkahi keluarganya.

Bekerja atau berikhtiar dapat mendatangkan rezeki kepada kita, untuk itu teruslah berikhtiar dan bekerja dengan ikhlas, lengkapilah ikhtiar dengan do’a kepada Allah wt.

  1. Karena Berbagi

Berbagi dengan sesama tentunya akan mendatangkan banyak kemudahan bagi orang lain yang mendapatkan manfaat dari yang dibagikan tersebut.

Adapun bagi siapa saja seorang muslim yang memberikan kemudahan kepada orang lain, maka Allah juga akan memberikan kemudahan baginya baik di dunia maupun di akhirat. Salah satunya dimudahkan dalam urusan rezeki, yang bisa jadi datang dari arah yang tidak pernah disangka-sangka.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.” (HR. Muslim)

  1. Karena Pernah Memberi

Seorang hamba yang gemar memberi kepada orang lain baik itu berupa nilai rupiah atau dalam bentuk bantuan lainnya akan diingat sebagai penolong oleh orang yang ditolongnya, dan bahkan orang tersebut akan senantiasa didoakan yang terbaik.

Selanjutnya, ketika seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain maka Allah akan membalasnya dengan balasan yang berlipat ganda, terlebih ketika seseorang membanyakkan pemberiannya tersebut.

Nabi saw. bersabda kepada Zubair bin Awwam: “Hal Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu dibentangkan di Arsy, yang dikirim oleh Allah Azza Wajalla kepada setiap hamba sekedar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakan pemberian kepada orang lain, niscaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscata Allah menyedikitkan baginya.” (HR ad-daruquthni dari Anas r.a).

Sahabat, memberi juga merupakan sifat terpuji seorang muslim sekaligus menjadi tanda kedermawanannya. Dan memberi bisa dilakukan kepada siapa saja entah itu kepada teman, saudara, orang tua ataupun yang jauh lebih baik yakni memberi kepada orang yang sedang membutuhkan pertolongan.

 

Dadan Rhamdani

085966180991

Leave a Reply